KlikSatu

Dunia Dalam klik satu

Manfaat Penting Asam Folat untuk Ibu Hamil

Manfaat Penting Asam Folat untuk Ibu Hamil
Manfaat Penting Asam Folat untuk Ibu Hamil


Pentingnya asam folat untuk ibu hamil telah dikenal luas di dunia medis dapat memberikan berbagai manfaat untuk janin di kandungan. Asam folat yang juga dikenal dengan vitamin B9 ini bermanfaat untuk membantu produksi sel darah dalam tubuh agar tidak terserang anemia. Selain itu, asam folat juga baik untuk perkembangan janin di dalam tubuh seperti sistem sarafnya ke sumsum tulang belakang dan juga otak. 
4 Khasiat Penting Asam Folat untuk Ibu Hamil

Kekurangan asam folat dapat menyebabkan tubuh diare, merasa lemas maupun lidah yang perih. Berikut adalah kegunaan dari asam folat yang sangat penting bagi ibu hamil:

1. Mencegah Keguguran
Asupan asam folat sangat penting bagi ibu hamil untuk mencegah keguguran. Oleh karena itu, konsumsi asam folat sangat disarankan saat hamil maupun sebelum kehamilan. Keguguran sendiri sangat riskan terjadi saat usia kehamilan baru mencapai kisaran 20 mingguan. Selain mencegah keguguran, asam folat juga sangat baik untuk menjaga kondisi bayi agar terhindar dari cacat hingga lahir premature.

2. Mencegah Anemia
Ibu hamil membutuhkan asupan asam folat lebih tinggi untuk mencegahnya terkena anemia. Anemia atau kekurangan sel darah merah akan mendatangkan kelainan yang dapat membahayakan ibu dan juga bayi.

3. Membantu Perkembangan Cacat Tabung Saraf
Risiko cacat tabung saraf dapat terjadi saat kehamilan salah satunya disebabkan kekurangan konsumsi asam folat. Salah satu kelainan akibat tabung saraf seperti spina bifida dan juga anensefali. Anensefali merupakan kelainan pada bayi yang lahir tanpa memiliki tulang tengkorak dan otak. Asam folat juga diketahui baik untuk mencegah kelainan jantung bawaan pada bayi dan juga bibir sumbing.

4, Mengurangi risiko preeklampsia
Ibu hamil terutama semenjak trimester kedua sangat disarankan untuk mengkonsumsi asam folat yang cukup untuk menghindarkan dari risiko preeklampsia.

Informasi mengenai kesehatan yang lebih lengkap termasuk mengecek kesehatan secara online dapat dilakukan melalui website Gue Sehat. Di website ini juga diberikan informasi akurat terkait mitos yang banyak berkembang di masyarakat mengenai suatu fakta kesehatan seperti www.guesehat.com/mengupas-mitos-dan-fakta-cara-membersihkan-luka.  


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Manfaat Penting Asam Folat untuk Ibu Hamil"

 
Copyright © 2015 KlikSatu - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top