KlikSatu

Dunia Dalam klik satu

Ciri Ikan Belida Yang Unik Dan Cantik

Tidak semua orang yang tahu dengan ikan yang satu ini, bagi mancing mania jelas kenal karena ikan ini merupakan ikan besar dengan panjang mencapai 88 cm dan berat hingga 1 kg, namun nelayan pernah menangkap ikan belida terbesar dengan berat 15 kg. Ikan Belida yang mempunyai nama latin Notopetrus chatala H.B ini termasuk bangsa Osospondyli, dari suku Notopteridae.


Harga ikan belida, ikan belida terbesar, maknan ikan belida, umpan ikan belida, klasifikasi ikan belida, manfaat ikan belida, budidaya ikan belida, jual akan belida.
Notopteridae chata H.B

Bentuk ikan belida dengan badan pipih dengan kepala kecil dan di bagian punggungnya terlihat bungkuk, rahang atas ikan ini terletak jauh dibelakang mata. Badan ikan belida tetutup dengan sisik yang berukuran kecil - kecil dengan warna sisik pada bagian punggungnya berwarna kelabu, sedangkan bagian perutnya berwarna putih cerah keperak-perakan. Pada bagia sisi-sisinya terdapat hiasan bulat- bulat hitam dengan tepian putih yang melingkarinya, dengan bertambah usia menjadi dewasa lama- lama akan hilang dan berganti seperti garis- garis sabuk hitam.


Asal ikan belida ini dari sungai - sungai di kalimantan yang tergenang banjir, ikan belida juga sering dijumpai di dataran rendah tidak jauh dari 30 m diatas permukaan laut. Penyebaranya hingga sumatra, jawa dan kalimantan, ikan belida termasuk ikan yang langka dengan populasi pertahunnya semakin menurun di perairan sungai juga dilautnya. 


Ikan belida termasuk ikan air tawar walau kadang dijumpai pada perairan laut, termasuk ikan predator dan beraktifitas pada malam hari atau Nokturnal. Klasifikasi ikan belida sebenarnya memiliki 2 jenis, makanan ikan belida yaitu ikan ikan kecil karena ikan belida ini predator.


Pada siang hari menghabiskan waktu bersembunyi pada vegetasi, makanannya berupa ikan kecil dan udang, namun juga terkadang memakan ikan besar. Ikan jantan bertugas membuat sarang dari ranting dan daun yang terbawa air dan menjaga anak- anaknya. Dan yang paling unik ikan belida dapat menghirup udara dari atmosfir.

Harga ikan belida cukup mahal dikalangan pecinta ikan hias, budidaya ikan belida juga belum banyak sehingga yang jual ikan belida masih sedikit.  


Demikian artikel tentnag Ikan belida yang unik dan cantik, Ikan diperiaran indonesia sangat beragam dan jumlahnya ribuan jenis, namun harus kita lestarikan karena tiap tahun ikan diperiaran sangat langka dijumpai. adapun artikel lain tentang Ciri dan Habitat dari Ikan Bawal

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ciri Ikan Belida Yang Unik Dan Cantik"

 
Copyright © 2015 KlikSatu - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top