KlikSatu

Dunia Dalam klik satu

Pemeliharaan kolam terpal ikan gurame Terbaik

Pemeliharaan kolam terpal ikan gurame
Pemeliharaan kolam terpal ikan gurame
Pemeliharaan kolam terpal ikan gurame sangat mudah dilakukan oleh siapa saja, budidaya ikan gurame pada kolam terpal lebih mudah dan efisien dibandingkan budidaya pada kolam tanah atau beton. Karena pada kolam terpal yang mengendap pada permukaan atau dasar kolam hanya sisa- sisa makanan dan kotoran ikan saja.Namun pada kolan terpal harus sering- sering mengecek kadar air pada kolam terpal, karena sisa dari makanan yang mengendap pada dasar kolam terlalu banyak, amoniak dari bahan sisa makanandan kotoran ikan akan menimbulkan racun bagi ikan apabila tidak rutin dibersihkan. Ini merupakan penyebab kematian mendadak pada ikan gurame.
Pemeliharaan kolam terpal ikan gurame dibawah ini kami sampaikan sesuai pengalaman dilapangan, sehingga ada kesamaan apabila belum pernah melakukan pemeliharaan kolam terpal ikan gurame.berikut langakah- langkah pemeliharaanya yang sangat mudah dilakukan :


  • Pemeliharaan rutin setiap hari


Pemeliharaan kolam terpal ikan gurame setiap harinya dibersihkan dari ganggang hijau, kolam terpal apabila pada siang hari terik panas matahari membuat ganggang hijau tumbuh sangat cepat karena sedang mengalami fotosintesis. Maka pada sore harinya kita bersihkan menggunakan jaring yang dimodifikasi seperti saringan teh, kalo bahasa didaerah saya indramayu namanya serog ( seser ). Untuk membersihkan dasar kolam bisa menggunakan shif pon atau selang.


  • Pemeliharaan setiap 2-3 hari


Pada pemeliharaan ini difokuskan pada penggantian air kolam, sebelumnya kita cek kadar air atau kadar oksigen terlarut menggunakan alat Ph meter yang biasa dijual pada toko- toko pakan ternak atau Tokopedia yang biasa saya berlangganan.Apabila air sudah berbau amis dan keruh maka kita harus mengganti air seperempat atau setengah dari kolam. kurangi air pada kolam terpal dengan cara membuka ikatan pada sudut kolam atau bisa juga menggunakan pompa air kecil agar tidak membuat ikan setres, kemudian isi kembali menggunakan ember masukan perlahan- lahan agar ikan tidak kembali setres.


  • Pemeliharaan setelah panen


Pemeliharaan kolam terpal ikan gurame setelah panen dengan cara membuang semua air yang ada pada kolam terpal, kemudian menggosokkan bagian dalam terpal yang terdapat lumut menggunaka ijuk atau bahan yang tidak kasar sehingga terpal tidak sobek atau bolong. Apabila sudah digosok bersihkan dan isi dengan air, diamkan air pada kolam terpal selama 2-3 hari sebelum diisi ikan kembali.

Demikian Pemeliharaan kolam terpal ikan gurame yang selalu kami lakukan pada kelompok budidaya kami agar bisa berbagi bersama kelompok pembudidaya lainnya, dan untuk pertimbangan pada kolam terpal simak artikel tentang Kekurangan dan Kelebihan Pada Kolam Terpal.


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pemeliharaan kolam terpal ikan gurame Terbaik"

 
Copyright © 2015 KlikSatu - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top