KlikSatu

Dunia Dalam klik satu

Jenis-jenis Gurame Budidaya Lengkap

Jenis-jenis Gurame Budidaya yang sering Petani dikembangbiakan ada beberapa jenisnya, misalnya Gurame Angsa, Gurame Jepang dll..sebelum mengenal dan mengklasrifikasikan jenis dan morfologi dari berbagai jenis Gurame saya akan menjelaskan terlebih dahulu termasuk family apa Gurame dan habitatnya.Ikan Gurame memiliki nama ilmiah Osphronemus Gouramy dengan morfologi tubuh pipih meninggi, mempunyai pectoral filament sungut didada ukuran nya bisa mencapai i meter dan habitat didaerah air tawar dengan kejernihan dan Ph antara 6,5-8.Jenis-jenis Gurame Budidaya yang terdapat di pulau jawa, sumatra, kalimantan adalah Osphronemus Gouramy jenis ini merupakan gurame yang terbesar ukurannya mencapai 1 meter, jenis lain yang ada di kalimantan ada juga Osphronemus Laticlavius ukurannya mencapai 60 cm dan yang terakhir di kalimantan merupakan gurame yang hanya ada di kalimantan Osphronemus Spetemfasciatus.Habitatnya terdapat pada air menggenang seperti waduk, rawa, danau dll. Berdasarkan bentuk dan warnanya , dikenal beberapa jenis sebagai berikut :
jenis gurame yang cepat besar, gurame soang, jenis ikan gurame hias, gurame bastar, gurame batu, gurame porselen, gurame bluesafir, jenis jenis ikan gurame dan gambarnya.
 Gurame Soang

1.Gurame Soang/ Angsa

warna gurame soang berwarna kunir/ orange kekuning-kunningan, dengan bentuk panjang mencapai 65 cm, berat tubuhnya mencapai 7-10 kg/ekor, sisik yang lebar, produktifitas telur cukup banyak dan berkualitas, habitat atau wilayah banyak terdapat di Tasikmalaya dan biasa di sebut dengan gurame galunggung.

2. Gurame Jepang

Bentuknya lebih pendek dari gurame soang/ angsa biasa disebut dengan gurame jepun atau jepang, warna tubuhnya abu-abu kemerahan di ujung siripnya, ukuranya bisa mencapai 3 kg/ ekor dengan sisik-sisik relatif kecil dan panjang 40 cm.

3. Gurame Porselen

Berat tubuhnya mencapai 1,5-2 kg/ ekor.Panjang tubuhnya 80 cm dengan ukuran kepala relatif kecil dari jenis gurame lainnya,dan warna tubuhnya merah muda cerah. Merupakan gurame unggul dalam menghasilkan telur mencapai 10.000 butir telur setiap pemijahan.

4. Gurame Batu

Berwarna hitam dengan sisiknya kasar merupakan gurame dengan pertumbuhannya tergolong lambat dibanding jenis lain, dengan berat mencapai 0,5 kg/ ekor dalam 12 bulan masa pertumbuhannya.

5. Gurame Kapas

Bentuk sisiknya besar, tubuh gurame ini berwarna putih keperakan mirip kapas. Beratnya mencapai 1 kg/ekor dari produktifitas telurnya mencapai 3.000 butir telur setiap pemijahan, gurame ini tergolong sulit di budidayakan yang berusia 13 bulan dari menetas.

6.Gurame Bastar

Warna tubuhnya sedikit agak kehitam-hitaman dengan warna kepala putih dengan sisik besar. Dan pertumbuhannya sangat cepat namun produktifitasn bertelurnya hanya 2.000-3.000 butir/ pemijahan.

7.Gurame Blausafir

Berat tubuhnya maksimum mencapai 2 kg/ ekor , dengan produktifitas telurnya mencapai 5.000-7.000 buitr/pemijahan. ukuranya relatif seperti gurame jenis lainnya.Warna tubuhnya agak kehitaman.

8. Gurame Paris

Gurame ini tubuhnya terdapat bintik-bintik hitam disekujur tubuhnya,dengan warna merah muda cerah. Produktifitas bertelurnya mencapai 5.000-6.000 butir/ pemijahan dengan berat mencapai 1,5 kg/ekor.

Demikian penjelasan dari Jenis-jenis Gurame Budidaya yang ada di perairan Nusantara,semoga bermanfaat bagi semua Pembudidaya Gurame agar lebih mengenal jenis-jenis gurame.Simak juga artikel kami yang lain tentang Kekurangan dan Kelebihan pada Kolam Terpal Terbaik.



Bagikan :
+
Previous
This is the oldest page
1 Komentar untuk "Jenis-jenis Gurame Budidaya Lengkap"

mantap broo...
di tunggu kunbalnya..
ada post baru
bapakeqya.blogspot.co,id

 
Copyright © 2015 KlikSatu - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top