KlikSatu

Dunia Dalam klik satu

Hal Yang Perlu Anda Awasi Dalam penggunaan Debit Card

Debit Card
Hal Yang Perlu Anda Awasi Dalam penggunaan Debit Card


Debit Card adalah kartu untuk transaksi pembayaran secara non tunai atau secara eletronik yang dikeluarkan oleh Bank penerbit. Fungsinya sebagai alat pembayaran non tunai dimana biaya diambil daru uang yang ada direkening tabungan nasabah itu sendiri dengan kata lain selama masih ada sisa saldo yang mencukupi pada tabungan maka debit card masih bisa digunakan. Dengan anda memiliki Debit Card memudahkan pembayaran ketika berbelanja di supermarket, toko swalayan atau toko online, juga memudahkan untuk membayar taguhan bulanan secara otomatis.

Masyarakat ekonomi menengah keatas lebih banyak penggunaan debit card dikarenakan fungsinya yang praktis menjadi pengganti alat pembayaran , biasanya berbelanja dengan membawa uang tunai kini banyak beralih menggunakan debit card disebabkan membawa uang jumlah besar sangat beresiko hilang ataupun lupa membawa uang tunai maka dengan memiliki debit card berbelanja lebih mudah dan efisien. Bukan hanya berbelanja kemudahan lainya seperti transfer uang dan Tarik tunai uang bisa dilakukan dengan menggesek di mesin ATM.

Di era milenial ini kemudahan berbelanja sangat praktis, misalnya kita membeli barang di toko online kemudian pembayarannya menggunakan debit card. Namun harus mendaftarkan terlebih dahulu nomor kartu kita untuk diverifikasi sehingga bisa digunakan sebagai pembayaran ditoko online tersebut.

Ciri dari Debit Card itu sendiri yang membedakan dengan kartu kredit adanya logo bank penerbit, logo visa, logo mastercard, logo maestro dan MEPS. Di negara kita penggunaan Debit Card sudah meluas dan kebanyakan digunakan untuk alat pembayaran di toko swalayan maupun pusat perbelanjaan.

Manfaat dari Debit Card :
  • Dapat bertransaksi dengan nominal yang besar, selama saldo ditabungan masih mencukupi,
  • Bisa Tarik tunai di mesin ATM dari Bank penerbit atau berlogo visa, maestro, mastercard tanpa biaya.
  • Transaksi Tarik tunai atau pembayaran dengan uang sendiri dari tabungan bukan bentuk hutang.
  • Debit Card tida ada cicilan perbulan karena menggunakan uang ditabungan sendiri.
  • Debit Card tidak ada bunga ataupun denda.
  • Bisa Transaksi transfer dan Tarik tunai di mesin ATM, berbelanja menggunakan mesin EDC yang tersedia di toko swalayan maupun pusat perbelanjaan.

Kekeurangan pada Debit Card :
  • Debit Card tidak bisa melakukan transaksi pembayaran apabila membutuhkan dana melebihi saldo ditabungan karena tidak bisa berhutang.
  • Semakin banyak transaksi semakin besar biaya transaksinya.
  • Tidak banyak promo pada debit card apabila melakukan transaksi, tergantung bank penerbit.

Debit Card masih kurang diminati karena takut apabila hilang disalahgunakan, pendapat ini tidak benar karena setiap bertransaksi ada kata kunci yang diberikan bank penerbit salah satunya menggunakan One Time Password ( OTP ), jadi setiap ada transaksi nanti kita dapat kode dari bank penerbit dan kode itu selalu berubah setiap transaksinya. 
Maka dari itu hal yang perlu anda awasi dalam penggunaan Debit Card yaitu  :

Rawan Hilang atau lupa dibawa setelah belanja
Debit card yang hilang atau tertunda ataupun dicuri oleh rang yang tidak bertanggungjawab mengakibatkan kerugian bagi pemilik kartu, apalagi masih menggunakan pengamanan dengan system tanda tangan, karena mudah sekali meniru tanda tangan pada debit card ketimbang menggunakan pin atau password.

Ada Biaya Transaksi Tambahan
Dibebankan biaya transaksi pada penggunanya oleh bank penerbit nominalnya pun berbeda-beda setiap bank penerbit, apalagi menggunakan mesin EDC lain Bank.

Bijaksana penggunaannya
Berbelanja menggunakan debit card membuat kita lupa sehingga karena keasyikan berbelanja tidak memperhatikan limit pengeluaran harian menjadikan kita boros, maka dari itu kita harus mengetahui limit harian debit card cari tau informasi di bank penerbit.

Informasi mengani penggunaan, manfaat dan kekurangan bagi pengguna Debit Card bisa menjadi pertimbangan anda bagi yang sudah memiliki kartu debit, namun bagi anda yang belum memiliki Debit Card mencari info mengenai informasi yang terbaik dan ingin membuat Debit card bisa kunjungi Layanan Debit Card semoga bermanfaat bagi semua.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Hal Yang Perlu Anda Awasi Dalam penggunaan Debit Card"

 
Copyright © 2015 KlikSatu - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top