KlikSatu

Dunia Dalam klik satu

Bahaya Melihat Gerhana Matahari Total Secara Langsung Berakibat Kebutaan !!!

Gerhana Matahari Total akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016, kian banyak pemberitaan di media sosial maupun stasiun televisi dalam minggu - minggu sehingga ini menarik perhatian di kalangan masyarakat.



Fenomena alam gerhana total ini jarang terjadi di indonesia, yang menarik lagi ada sebagian orang mengadakan Nonton Bareng Gerhana Matahari ini, makin aneh saja. Sebagai umat Muslim harusnya melaksanakan sholat sunnah gerhana matahari bukan menonontonnya.



Bahaya Melihat Gerhana Matahari Total Secara Langsung  Berakibat Kebutaan !!!
Fotosfer by Google

Proses terjadinya gerhana total apabila matahari, bulan dan bumi dalam posisi sejajar, atau membentuk garis lurus sehingga pancarahan sinar matahari tertutupi oleh bulan yang mengarah ke bumi.


Walaupun jarak bulan ke bumi berkisar kurang lebih 380.000 km bayangan bulan menutupi bumi ini mampu membuat gelap sebagian dari belahan bumi. Proses gerhana total sangat cepat karena proses bumi mengitari matahari berkisar 7 menitan maka dari itu secepatnya kalo ingin melihatnya, namun tetap mengutamakan kesehatan mata.


Melihat Gerhana Matahari Total Secara Langsung  Berakibat Kebutaan !!!
Gerhana Matahari image by Google

Perhatian Bagi Masyarakat Ingin Melihat Gerhana Total Secara Langsung ! :Melihat Piringan matahari yang seperti cincin bercahaya atau bahasa kerennya Fotosfer Matahari, walaupun sebentar hanya beberapa detik saja berakibat kerusakan pada retina mata dikarenakan radiasi tinggi yang dipancarkan oleh Fotosfer tidak terlihat oleh kasat mata.


Kalaupun ingin sekali melihat gerhana total menggunakan metode tak langsung, yaitu dengan menggunakan pelindung mata tapi bukan hanya sekedar melindungi mata seperti asal kacamata saja, namun harus memiliki bahan yang mampu menahan radiasi tinggi. Karena bahan yang tidak mengandung bahan anti radiasi inframerah tetap saja terkena retina mata kita. 



Ada cara unik sebagian orang menggunakan kacamata las, hehe tuh saking pengennya melihat gerhana matahari tapi jangan mengnyampingkan kesehatan mata kita cuma gara-gara ingin melihat dan memfoto proses gerhana total bisa berakibat fatal yaitu kebutaan !!!.



Demikian pemberitahuan ini karena pemerintah juga telah menghimbau agar meluhat gerhana matahari secara total ini harus menggunakan pelindung mata yang mampu menahan radiasi tinggi dari pancaran fotosfer matahari.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Bahaya Melihat Gerhana Matahari Total Secara Langsung Berakibat Kebutaan !!!"

 
Copyright © 2015 KlikSatu - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top