KlikSatu

Dunia Dalam klik satu

Cara Memacu Pertumbuhan Gurame Lengkap

pakan ikan gurame, ukuran kolam ikan gurame, makanan ikan gurame yang bagus, pakan ikan gurame di kolam terpal, ukuran kolam gurame 1000 ekor, cara budidaya ikan gurame di kolam tembok, cara budidaya ikan gurame agar cepat besar, pembesaran ikan gurame di kolam terpal.
Cara memacu Pertumbuhan Gurami
Gurami atau giant gourami ( Osphronemus gouramy ) merupakan salah satu ikan ekonomis penting di subsektor perikanan budidaya, khususnya budidaya air tawae. Gurami merupakan ikan air tawar yang banyak dipelihara setelah ikan mas ( Cyprinus carpio )dan nila ( Oreodhromis niloticus ).Gurami dikenal sebagai ikan yang lambat pertumbuhannya, namun memiliki beberapa keunggulan lain, yaitu : ( 1 ) serat dagingnya kesat dan cita rasanya gurih dan khas, sehingga sangat disukai masyarakat, yang kemudian menyebabkan harga ikan ini relatif mahal; ( 2 ) mudah dipelihara karena bersifat pemakan apa saja, terutama dedaunan; ( 3 ) dapat hidup di air tergenang, sehingga dapat dipelihara diberbagai lingkungan perairan dan wadah budidaya; ( 4 ) mudah dibenihkan; dan ( 5 ) gurami dapat diproduksi dan dipasarkan dari ukuran benih hingga ikan ukuran konsumsi. Pemasaran gurami dalam tingkat benih telah dilakukan mulai telur ( sarang ), larva, biji oyong ( umur1 bulan ), daun kelor ( umur 2 bulan ), jari ( 3 bulan ), karcis ( 4 bulan ), korek ( 5 bulan ) dan  tampelan ( 6 bulan ). Sementara unutk konsumsi, gurami dipasarkan mulai pada bobot 100 gram.

Cara Memacu Pertumbuhan Gurami dengan pemberian pakan dimaksudkan untk memacu pertumbuhan ikan. Dengan pemberian pakan yang cukup dan memenuhi kebutuhan gizi ikan, maka target produksi dapat tercapai, jika faktor pendukung lain, seperti pengelolaan kualitas air dan penanggulangan hama dan penyakit juga berjalan baik.

Pakan untuk ikan terdiri dari pakan alami dan pakan buatan. Pakan alami dapat disediakan dengan cara mengambil langsung di alam, seperti ikan, siput, daun- daunan dan lain- lain, juga dapat dikultur, seperti rotifera, artemia dan lain-lain. Sementara pakan buatan adalaha pakan yang dibuat dengan formula tertentu, seperti pelet.

Dalam budidaya gurami, sebagian petani mengandalkan pakan alami, terutama daun- daunan. Penggunaan pakan almi yang demikian tidak memadai, karena ternyata selain mempunyai kelemahan dalam hal kandungan gizi, ketersediannya pun terkadang tergantung pada musim, sulit dalam penyimpannya, tidak tahan lama dan pemberiannya sulit. Sebaliknyapakan buatan memiliki keunggulan berupa : ( 1 ) dapat diramu dan dibuat sesuai dengan kebutuhan nutrisi ikan; ( 2 ) dapat disimpan dalam waktu yang lama; ( 3 ) penyimpananya lebih mudah dan lebih sederhana; ( 4 ) pemberiannya lebih mudah; ( 5 ) ketersediaan dan kontinuitasnya dapat ditentukan;dan ( 6 ) lebih higienis.

Budidaya ikan gurami dapat dilakukan secara insentif dan pertumbuhan ikan dapat dipacu jika digunakan pakan yang berkualitas, cukup dan tersedia secara kontinu, disamping faktor- faktor pendukung lain dalam kondisi optimum. Dalam budi daya ekstensif ( tradisional ), untuk menghasilkan ikan gurami berbobot 1 kg dibutuhkan waktu pemeliharaan 3-5 tahun. Namun waktu produksi ikan berukuran 1 kg dapat diperpendek menjadi 10-12 bulan jika diterapkan sistem pemeliharaan insentif yang  menerapkan padat penebaran tinggi dan pemberian pakan bergizi secara teratur.

Demikian cara memcau pertumbuhan gurami agar dapat dijadikan referensi dalam budi daya ikan gurami dan menghasilkan gurami yang berkualitas dan berstandar CBIB. Adapun artikel lain yang bisa menunjang yaitu tentang Kekurangan dan Kelebihan pada Kolam Terpal Terbaik.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Memacu Pertumbuhan Gurame Lengkap"

 
Copyright © 2015 KlikSatu - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top