KlikSatu

Dunia Dalam klik satu

Burung Alau Gembung

Burung Alau Gembung
Alau Gembung atau Rangkong
Semua fauna di indonesia menjadi daya tarik tersendiri, bagaimana tidak melihat satwa yang ada di belahan nusantara merupakan satwa yang tidak ada di negara lain, bahkan di sebagian negara sudah punah.
Keanekaragaman fauna flora di Indonesia beribu macam dari sabang sampai merauke. Oleh karena itu indonesia masuk kedalam hutan hujan tropis, yang memiliki beragam flora dan fauna, kita patut bersyukur seperempat flora fauna di dunia berada di negera kita , negara indonesia, salah satunya yang akan saya bahas tentang fauna endemik yaitu Alau Gembung atau rangkong.

Alau Gembung atau Rangkong bernama Latin Rhytyceros cassidi, ternasuk bangsa Coraciformes dari suku Becerotidae. Selain di indonesia , burung ini tersebar diseluruh  Afrika dan Negara Asia tropis. Panjang badannya mencapai 110 cm ditambah paruhnya yang panjang dan besar membuatnya terlihat gagah.Beberapa jenis diantaranya memiliki tanduk yang menonjol diatas paruh dengan warna mencolok. Jenis jantan mempunyai casque berwarna merah dan besar diatas hidung. Paruh berwarna kuning gading. Bulu dan leher dada berwarna biru. Bulu badan berwarna hitam dan bulu ekor berwarna putih

Ketika rangkong betina mengeami telurnya, sang jantan mengurungnya dalam lubang pohon yang ditutupi lumpur dan membuat lubang kecil untuk tempat memberi makanan. Waktu menetas, rangkong betina akan membongkar penutup sarang dan menutup kembali sampai anaknya siap terbang. Rangkong jantan mencari makananya biji-bijian, buah- buahan, kadal, anak katak, burung kcil, dan telur. Habitatnya ada di pesisir pantai dan hutan primer diketinggian 500 m dpl dan tinggal dipohon tinggi atau gua -gua yang letaknya tinggi.

Demikian tentang bahasan artikel fauna endemik Alau Gembung atau Rangkong semoga kita mengetahui sebagian kecil dari fauna yang ada di indonesia, dan saling menjaga kelestarian fauna yang hampir punah ini, kita jaga dari perburuan liar di sekeliling kita. Dan lindungi satwa- satwa lainya yang hampir punah karena satwa juga ciptaan Allah SWT. Adapun artikel lain tentang satwa fauna indonesia yaitu Ikan Arwana Merah


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Burung Alau Gembung"

 
Copyright © 2015 KlikSatu - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top